Peran Manager
Peran Manajer – Pengamatan Mintzberg dan penelitian lain mengindikasikan bahwa beragam aktivitas manajer dapat di kelompokkan ke dalam 10 peran. Peran (role) adalah sejumlah eksoektasi terhadap perilaku manajer. Semua role tersebut di bagi menjadi tiga kategori konseptual yaitu : Informasi (mengelola informasi) ; Interpersonal (Mengelola lewat orang lain) ; dan Keputusan (mengelola melalui tindakan). Setiap peran mempresentasikan berbagai aktivitas yang di lakukan oleh para manager untuk akhirnya memenuhi fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian. Meskipun komponen-komponen pekerjaan manager perlu dipisahkan guna memahami beragam peran dan aktivitas manajer, penting bagi kita untuk mengingat bahwa pekerjaan manajemen sesungguhnya tidak dapat dilakukan kita untuk mengingat bahwa pekerjaan manajemen sesungguhnya tidak dapat dilakukan sebagai sejumlah bagian yang berdiri sendiri, melainkan semuanya berinteraksi di dunia manajemen nyata. Hal ini sesuai dengan pernyataan Mintzberg “Manajer yang hanya mengomunikasikan atau memahami tidak pernah menyelesaikan sesuatu, sementara manajer yang hanya melakukan akhirnya Cuma bisa melakukannya sendiri”
Kategori | Peran | Aktivitas |
Informasi
| Monitor | Mencari dan memperoleh informasi, membaca media cetak dan laporan-laporan membuat kontak pribadi |
Penyebar Luas | Meneruskan informasi dari anggota organisasi lainnya seperti mengirim memo dan laporan, menelepon | |
Juru Bicara | Menyiarkan informasi kepada pihak luar lewat pidato, laporan dan memo | |
Interpersonal
| Tampilan Pemimpin | Melakukan tugas-tugas seremonial dan simbolis seperti menyambut tamu, menandatangani dokumen hukum. |
Pemimpin | Mengarahkan dan memotivasi bawahan ; melatih, membimbing, dan berkomunikasi dengan bawahan | |
Penghubung | Membuat rantai informasi, baik di dalam maupun di luar organisasi ; menggunakan email, telepon, rapat. | |
Keputusan
| Pengusaha | Menggagas proyek-proyek peningkatan ; mengidentifikasi ide-ide baru, mendelegasikan tanggung jawab atas ide kepada orang lain. |
Penangan gangguan | Melakukan tindakan korektif ketika timbul perselisihan atau krisis, memecahkan konflik antar bawahan ; beradaptasi terhadap krisis lingkungan. | |
Pengalokasi Sumber Daya | Memutuskan siapa yang memperoleh sumber daya ; menjadwalkan, menganggarkan dan menetapkan prioritas | |
Negosiataor | Mewakili departemen ketika menegosiasikan kontrak serikat pekerja, penjualan, pembelian, anggaran ; mewakili kepentingan departemen. |
EmoticonEmoticon