Friday, August 3, 2018

6 Tahap Proses Riset Pemasaran , Yang Perlu Diketahui

Proses Riset Pemasaran – sebelum membahas mengenai proses melakukan riset pemasaran, kita harus mengetahui terlebih dahulu apasih riset marketing atau riset pemasaran tersebut.
Riset Pemasaran adalah kegiatan penelitia di bidang pemasaran yang di lakukan secara sitematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data serta interpretasi dan implementasi dari hasil riset tersebut.
Tujuan utama dari riset yaitu untuk mengetahui informasi secara akurat sehingga dapat menjelaskan secara objektif.
Oke di dunia marketing riset sangatlah diperlukan terutama dalam melakukan inovasi dan perbaikan strategi, oke selanjutnya kita bahas mengenai prosesnya, berikut proses marketing research.
Proses Riset Marketing adalah serangkaian kegiatan atau tahap yang dilakukan dalam melaksanakan riset marketing. adapun kegiatan atau tahapan dalam melakukan riset :
  1. Penentuan masalah atau Perumusah Masalah (Problem Definiton)
  2. Merumuskan kerangka teori
  3. Formulasi desain riset
  4. Kegiatan lapangan dan pengumpulan data
  5. Persiapan dan analisi data
  6. Pembuatan laporan dan presentasi

1. Tahap Penentuan Masalah

Pada tahap ini yang harus dilakukan dalam proses riset adalah merumuskan masalah, menentukan tujuan penelitian, merumuskan latar belakang yang sesuai, informasi apa saja yang diperlukan, bagaimana informasi tersebut dipergunakan untuk pengambila keputusan. tahapini meliputi juga rencana wawancara dengan pengambilan keputusan, analisa data sekunder, atau melaksanakan kegiatan riset yang bersifat kualittatif.
Dalam tahap perumusah masalah ini anda harus menentukan masalah apa yang terjadi pada perusahaan anda, setelah itu anda perlu menentukan tujuan dari penelitan masalah tersebut dengan tujuan agar mempermudah proses penelitian nantinya, kalau tidak ada tujuannya buat apa ngeriset? :v

2. Tahap Perumusan Teori

Pada tahap ini dilakukan kegiatan formulasi lebih detail dibandingkan dengan tahap sebelumnya yakni tahap penentuan masalah, pada tahap ini anda perlu melakukan perincian pada teori yang dipergunakan dalam melakukan penyelesaian masalah, riset pertanyaan yang akan membantu menjawab penyelesaian dari masalah, hipotesis, indentifikasi karakteristik atau faktor yang mempengaruhi desain penelitian.
Dalam melakukan perincian pada tahap ini, anda bisa melakukan abstraksi sebelumnya. artinya anda bisa kerjakan di oret oretan sebelum melaksanakan perumusan teori.

3. Tahap Formulasi Desain Riset

Pada tahapan ini yaitu membuat kerangka untuk melaksanakan penelitian , pada tahap ini pula akan memat secara rinci prosedur untuk pengumpulan data, cara menguji hipotesa, kemungkinan jawabah terhadap riset, sampai dengan model analisis yang dipergunakan. kegiatan dalam tahap ini yaitu sebagai berikut :
  1. Analisis data sekunder
  2. Penelitian Kualitatif
  3. Metode Pengumpulan data kuantitatif
  4. Definisi informasi yang dibutuhkan
  5. Cara pengukuran
  6. Desain Kuesioner
  7. Proses pengambilan sampel dan sampel size
  8. Rencana analisis data

4. Tahap Pengumpulan Data

Pada tahap ini yaitu tahap yang mana mengumpulkan semua data yang diperoleh dari hasil formulasi, data primer dan sekunder. salah satu cara untuk mengumpulkan data primer yakni dengan wawancara pribadi baik melakukannya lewat telepon atau dengan tatap muka langsung. sedangkan untuk mendapatkan data sekunder yaitu dengan melakukan pencarian melalui perpustakaan, internet, majalah dan lain sebagainya.
Dapat di ketahui perbedaan antara keduanya, primer yaitu pengumpulan atau secara langsung sedangkan sekunder melalui perantara seperti buku.

5. Tahap Persiapan dan Analisis Data

Persiapan data meliputi editing, koding, transkrip dan verifikasi. masing-masing kuesioner atau hasil observasi diedit dan dikoding kemudian data tersebut di transkrip atau dimasukkan ke dalam komputer. selanjutnya dilaksanakan verifikasi atau pengecekan kembali apakah data yang asli sudah benar terekam, dan sesuai dengan rencana metode analisis yang telah disusun. kemudian data dianalisa atau dianalisis.

6. Pembuatan Laporan dan Presentasi

Hasil dokmentasi dan penelitian mulai dari tahap pertama hingga tahap kelima, didokumentasikan atau di rekap dalam bentuk laporan hasil penelitian dengan sistematika yang teratur mulai dari indetifiasi masalah atau penentuan masalah, pendekatan yang digunakan atau teori yang digunakan, desain penelitian, pengumpulan data, analisa data, serta temuan yang diperoleh. semua disajikan untuk proses pengambilan keputusan.  setelah itu diperinci lagi untuk dibuat sebuah presentasi dalam bentuk tabel, diagram, teks tentunya dengan menggunakan media gambar dan video atau animasi yang menarik sehinggal data anda dapat diterima dengan baik oleh yang lain.
Tulisan-jahat.blogspot.com

1 comments


EmoticonEmoticon