Sunday, October 21, 2018

Pentingnya mempunyai Smartphone dengan RAM 10GB

Donovang Sung, juru bicara Xiaomi baru saja memberikan teaser mengenai smartphone terbaru mereka, Xiaomi Mi Mix 3.

Kabarnya smartphone Android ini akan mengadopsi teknologi 5G beserta kapasitas RAM 10GB yang terbilang jumbo untuk perangkat dalam genggaman tangan.

Jika melihat hal ini, apakah penting smartphone Android RAM 10GB saat ini? Yuk simak ulasan berikut.

Apa Itu RAM Smartphone Sebenarnya?



Mungkin banyak di antara kamu yang belum mengetahui apa itu RAM sebenarnya nih? Jadi RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data aplikasi yang bekerja pada sistem.

Nggak sekadar itu RAM memang tidak secara permanen menyimpan data, melainkan membuat pemrosesan aplikasi berjalan lebih cepat tanpa harus menunggu lama.

RAM smartphone saat ini memiliki kapasitas yang beragam dan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang berjalan saat ini. Yang menjadi perhatian mungkin adalah RAM smartphone akan berbeda seperti yang dipakai pada PC/laptop karena memiliki keterbatasan tersendiri guys.

Lalu apakah RAM besar saat ini sangat dibutuhkan untuk perangkat smartphone?

Seberapa Penting Kapasitas RAM Besar pada Smartphone Android?

Seperti dijelaskan sebelumnya, kapasitas RAM yang dibekali pada sebuah smartphone Android bergantung pada tipe dan kebutuhan aplikasi pada saat itu. Saat ini pun, banyak brand smartphone memberikan opsi kapasitas RAM pada smartphone. Mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, 6GB, 8GB hingga 10GB yang terbesar saat ini.

Namun dilansir dari artikel 'Membongkar Rahasia Storage Smartphone, Jangan Salah Beli!' yang telah MasIrfun tulis sebelumnya, sebenarnya RAM 4GB sudah cukup untuk penggunaan harian loh.

Pasalnya John Poole, pakar Geekbench pun menjelaskan bahwa rata-rata orang menggunakan 9 aplikasi per hari hingga 30 aplikasi per bulannya. Dengan demikian seharusnya kapasitas RAM yang terpakai hanya 2,3GB per hari.

Angka yang terpaut jauh dengan kapasitas RAM mulai dari 6GB hingga 10GB tadi kan? Lalu gimana dengan iPhone yang selalu menggunakan RAM kecil?

iPhone yang dibekali dengan sistem operasi iOS jelas memiliki mekanisme yang berbeda dengan Android, di mana ekosistem iOS lebih spesifik daripada Android yang cenderung beragam dan butuh pengembangan lebih lama.

Lagipula untuk manajemen aplikasinya iOS menggunakan pendekatan berbeda dengan tidak bergantung dengan mesin virtual seperti Android yang berbekal memori RAM. Di mana hampir semua aplikasi langsung dijalankan oleh perangkat keras.

Kesimpulan
Semakin besar RAM, bukan juga semakin cepat performa smartphone yang kamu gunakan. Hal ini juga bergantung pada faktor-faktor lain yang kurang diperhatikan, mulai dari tipe RAM hingga kecepatan yang dimilikinya.

Lagi-lagi performa sebuah smartphone akan tergantung bagaimana cara penggunaan kamu nih! Jadi makin tahu kan sekarang...


EmoticonEmoticon