Wednesday, November 7, 2018

Harga dan Spesifikasi Honor 8X Terbaru di Indonesia

Pada event launching Honor 9i lalu, Honor Indonesia mengumumkan akan merilis smartphone Android terbaru mereka di November 2019. Benar saja, Honor kini merilis Honor 8X yang menjadi seri mid-range dengan spesifikasi dan desain yang terbilang mantap di kelasnya.

Bagaimana impresi pertama penggunaan smartphone ini? Simak dulu review Honor 8X dari MasIrfun di bawah ini.

Harga dan Spesifikasi Honor 8X Terbaru di Indonesia


Jika sebelumnya Honor 9i mengusung tagline "Beauty All Around", tidak berbeda dengan Honor 8X terbaru yang memang mumpuni untuk dipakai guna berbagai keperluan. Dengan banderol harga sekitar Rp 3-4 jutaan (red: review dilakukan sebelum perilisan resmi), Honor 8X sudah dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas.

Misalnya saja penggunaan chipset HiSilicon Kirin 710 terbaru yang sudah mendapat dukungan GPU Turbo. Apalagi smartphone ini sudah mendukung kapasitas penyimpanan hingga 128GB dengan RAM 4GB loh!

Menarik banget, kan? Nah untuk spesifikasi selengkapnya, silakan untuk membaca detail tabel di bawah ini guys.
Spesifikasi Honor 8X
Jaringan GSM/CDMA/HSPA/LTE
Dimensi 160.4 x 76.6 x 7.8 mm
Bobot 175 gram
Layar IPS LCD capacitive touchscreen
6.5 inci 1080 x 2340 piksel 19.5:9 ratio
Chipset HiSilicon Kirin 710 octa-core 2.2 GHz
GPU Mali-G51 MP4
Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan EMUI 8.2
Memori Memori Internal 128GB
RAM 4GB
Kamera Kamera Utama 20MP + 2MP depth sensor
Kamera Depan 16MP
Baterai 3750 mAh
Warna Black, Blue, Red
Desain Elegen dengan Layar FullView Lega

Sumber: Liputan6.com
Melihat penampakan Honor 8X dari depan rasanya membuat smartphone ini tampil elegan. Pasalnya layar FullView Display 2.0 berukuran 6.5 inci ini memiliki rasio layar ke bodi mencapai 91%!

Hal ini juga didukung dengan penggunaan teknologi chip-on-film (COF) yang membuat border alias bezel smartphone menjadi lebih tipis. Terutama pada bagian bawah atau dagu Honor 8X. Layar Honor 8X juga telah mengadopsi panel IPS degan resolusi hingga FullHD+ untuk dapat menikmati konten terbaik dengan rasio layar 19.5:9 yang nyaman dalam genggaman.

Melirik ke bagian belakang, Honor 8X membawa bodi Aurora Glass dengan dua buah pattern berbeda pada bodi utama dan sisi yang terdapat modul dual kamera. Bodi belakang ini juga terdapat sebuah fingerprint sensor yang terletak di bagian tengah, beserta logo Honor dan tagline "AI Camera" yang ditulis secara menyamping.

Untuk kelengkapan port dan tombol, Honor 8X dibekali dengan jack audio 3.5 mm, mikrofon, port microUSB, dan speaker grill di bagian bawah. Di sisi atas ada sebuah mikrofon lagi, di sisi kanan ada tombol power dan volume up-down serta di sisi kiri ada slot SIM tray dengan modul triple slot, dengan dua SIM dan sebuah kartu microSD.

Untuk sebuah smartphone, Honor 8X tergolong punya ukuran yang bongsor. Kekurangan mungkin karena bodi berbahan kaca yang licin, penggunaan casing disarankan untuk grip lebih mantap!

Performa Ekstrim dengan Kirin 710 & GPU Turbo

Sumber: gizmotimescom
Honor 8X yang MasIrfun review hadir dengan EMUI 8.2 dengan basis sistem operasi Android 8.1 Oreo yang memberi performa cepat dan ringan, terutama saat melakukan multitasking.

Smartphone Honor ini pun hadir dengan menggunakan chipset terbaru, yakni HiSilicon Kirin 710 yang memberikan peningkatan signifikan dibandingkan seri-seri sebelumnya. Apalagi dengan dukungan GPU Turbo, Honor 8X cukup kencang untuk mengakselerasi sejumlah game populer. Untuk pengujian kali ini, MasIrfun memainkan Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Saat menjalankan Mobile Legends, Honor 8X mampu menjalankan dengan pengaturan rata kanan tanpa ada kendala walaupun mode High Frame Rate tengah diaktifkan. Hal yang sama juga berlaku pada PUBG Mobile yang rata-rata kamu bisa melakukan pengaturan rata kanan terutama pada pengaturan grafis.

Namun sangat disayangkan, karena berupa game multiplayer dan grafis aduhai, gameplay PUBG Mobile di Honor 8X terkadang masih sedikit stutter pada beberapa bagian saat dimainkan di setting tertinggi. Untuk masalah baterai pun, Honor 8X dibekali kapasitas hingga 3750 mAh yang tahan kuat seharian. Bahkan untuk pemakaian intensif seperti bermain game dan streaming YouTube.

Lalu masalah pengisian daya, Honor 8X memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit mulai kondisi 10% hingga baterai terisi penuh. Buat kamu yang penasaran bagaimana performa dari Honor 8X, MasIrfun sudah merangkum semuanya dalam benchmark yang telah MasIrfun lakukan di bawah ini.

  • AnTuTu Benchmark v.7.1.0 (Total) 138.243 poin
  • Geekbench 4.3.0 (Single Core) 1.601 poin
  • Geekbench 4.3.0 (Multi Core) 5.519 poin
  • 3DMark (Ice Storm Unlimited) 21.526 poin
  • 3DMark (Sling Shot) 1.442 poin|1.442 poin
  • PCMark Work 2.0 7.092 poin
  • Battery Test 8 jam 4 menit
  • Charging Test (Battery Info) 4 jam 32 menit

Kamera Profesional dengan Dukungan Teknologi AI


Honor 8X juga terbilang mumpuni untuk urusan fotografi, dengan dilengkapi kamera utama 20MP + 2MP depth sensor dan juga kamera depan 16MP untuk kebutuhan selfie. Yang menarik dari modul kamera ini tentu adalah kehadiran teknologi AI Camera yang mampu mengenali lebih dari 500 skenario dengan 22 kategori untuk optimalisasi foto.

Ada pula fitur menarik, yakni Night Mode untuk menghasilkan foto yang lebih optimal dalam kondisi kurang cahaya maupun malah hari, seperti landscape perkotaan hingga jalan raya. Satu fitur lagi yang menjadi daya tarik bagi MasIrfun sendiri adalah Light Painting Mode untuk berbagai hasil foto menakjubkan.

Fitur Lainnya dari Honor 8X

Di samping beberapa fitur di atas yang menjadi nilai jual utama dari Honor 8X, ada pula beberapa fitur lainnya yang cukup membantu untuk meningkatkan kualitas tampilan dari smartphone ini.

Misalnya saja, jika kamu kurang menyukai desain notch alias layar berponi kamu bisa menonaktifkannya langsung dari pengaturan dengan cara mengakses menu Settings > Display > Notch > Hide notch. Maka tampilan notch akan digantikan dengan layar berwarna hitam melengkung yang kini menampilkan beberapa ikon notifikasi saja.

Kemudian jika kamu masih suka main smartphone sebelum tidur, ada puna mode Eye Comfort yang mengubah warna layar guna melindungi mata dari kelelahan. Untuk mengaktifkannya kamu tinggal menuju menu Settings > Display > Eye comfort, di mana kamu juga bisa mengatur waktu mode ini untuk otomatis aktif, misalnya satu jam sebelum tidur loh.

Price to Performance

Melihat dari banderol harganya, Honor 8X tampaknya sudah berani mengincar pasar pengguna yang membutuhkan smartphone Android dengan spesifikasi menengah ke atas. Berbekal spesifikasi mumpuni untuk berbagai sektor termasuk gaming, tentu Honor 8X juga cocok untuk kamu yang suka keranjingan main game mobile.

Lalu untuk kamu yang suka fotografi, Honor 8X juga bisa mengakomodasi kebutuhan kamu dengan dilengkapi modul kamera yang andal untuk mengambil foto di kondisi kurang cahaya.

Nah dalam paket penjualan Honor 8X sendiri, kamu akan mendapatkan:

  • Unit smartphone Honor 8X
  • Adapter charger 5V 2A
  • Kabel charger microUSB
  • SIM tray ejector
  • Softcase
  • Headset
  • Buku panduan dan garansi

Note: Unit Honor 8X yang MasIrfun review ini bukanlah versi retail yang akan dijual di Indonesia, mungkin akan terdapat beberapa perbedaan dalam paket penjualan yang disediakan nantinya.

Itulah dia review Honor 8X selengkapnya. Menurutmu bagaimanakah fitur dan spesifikasi yang dibawa pada smartphone Honor terbaru ini?


EmoticonEmoticon